Halo teman-teman.... Kali ini aku akan berbicara tentang sekolahku sendiri, yaitu SMPK Santa Maria 2 Malang. Yap, sekolah yang sering dipanggil dengan sebutan Panderman ini terletak di Jalan Panderman no. 7A, Malang. SMPK Santa Maria 2 ini memiliki akses jalan dari Jalan Ijen atau Idjen Boulevard yang luas membuat akses perjalanan ke sekolah menjadi lebih nyaman dan berwarna. Selain itu, sekolah ini juga memiliki akses ke Museum Brawijaya, Perpustakaan Kota, dan juga Gereja Katedral Ijen yang biasanya kami akan beberapa kali merayakan misa disana seperti misa Pembukaan Tahun Ajaran dan juga Penutupan Tahun Ajaran. 


Jalan Ijen atau Idjen Boulevard
Sumber Gambar: https://armandfrezh.files.wordpress.com/2018/10/ijen-boulevard.jpg



Museum Brawijaya Malang
Sumber Gambar: https://myeatandtravelstory.files.wordpress.com/2018/06/cover-museum-brawijaya-1280x853.jpg?w=1280&h=853&crop=1



Perpustakaan Umum Kota Malang
Sumber Gambar: https://petualang.travelingyuk.com/unggah/2019/03/P_20190316_1401061_8143.jpg



Gereja Katedral Ijen Santa Perawan Maria dari Gunung Karmel
Sumber Gambar: https://directoryonlinegerejakatholikseindonesiablog.files.wordpress.com/2016/06/gereja-katedral-ijen-e28093-santa-perawan-maria-dari-gunung-karmel.jpg


Ekstrakurikuler disini sangat banyak dan beragam. Ada ekstra tari tradisional, tari modern, wushu, basket, futsal, voli, KIR Komputer, band, koor rohani, marching band, dan masih banyak lagi. Bahkan, ekskul pencak silat pun ada. Semua ekstrakurikuler ini sangat didukung oleh para guru dan kepala sekolah untuk mendukung perkembangan murid-murid selain pelajaran akademisnya. Ekstra Pramuka diwajibkan bagi kelas 8 yang dilakukan setiap hari Jumat.


Nah, SMPK Santa Maria 2 ini telah meraih banyak prestasi di berbagai bidang ekstrakurikuler. Seperti ekskul band, paduan suara, wushu, futsal, basket, tari daerah dan modern, dan masih banyak lagi. Ada juga short movie yang mendapatkan juara 2 dan best theme pada ajang lomba Langsep Challenge 2019 kemarin. Short movie ini buka termasuk ekstrakurikuler, melainkan lomba yang disediakan, dan kami berhasil meraih juaranya. Juara yang didapatkan beragam, mulai dari juara harapan, juara 3, hingga juara 1 pun ada. 


Selain itu, Panderman pernah mendapatkan Pemecahan Rekor MURI untuk Permainan Seruling Massal yang dilakukan oleh 613 siswa-guru/karyawan dengan tempo 2 jam 25 menit pada tahun 2007 lalu.

Mengambil Gambar dari Video: https://youtu.be/_50ZmeOPE8E


Sekolah Panderman ini mengadakan acara Pentas Seni setiap 3 tahun sekali. Setiap angkatan bisa menikmati sebanyak 1 kali pentas. Pentas Seninya berisi pementasan ekstrakurikuler dan juga mengundang bintang tamu. Yang terkahir dilakukan pada tahun 2018 kemarin, sekolah kami mengundang Jaz sebagai bintang tamunya.

Sumber Gambar: https://cdn.timesmedia.co.id/images/2019/02/04/SMP-Santa-MAria.jpg


SMPK Santa Maria juga mendapatkan penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata Provinsi Jawa Timur pada tahun 2018. Oleh karena itu, sekolah menerapkan pola gaya hidup bersih dan hijau. Siswa diajak untuk merawat, melindungi, dan menjaga lingkungan sekolah, seperti merawat tanaman, membuang sampah pada tempatnya, menyiram toilet ketika selesai digunakan, dan hal-hal lainnya. Setiap sebulan sekali, sekolah mengadakan Jumat Bersih yang diikuti oleh para siswa. 

Sumber Gambar: https://smppanderman.sch.id/wp-content/uploads/2018/11/2018-10-050510-santamaria.jpg


Siswa di Panderman juga ditanamkan pendidikan karakter dari awal menjadi bagian dari sekolah. Pendidikan karakter ini dilakukan untuk mengedukasi murid-murid bagaimana cara berperilaku yang baik dan juga memiliki pola pikir yang baik. Pendidikan ini dilakukan setiap saat, bisa saat pelajaran Bimbingan Konseling, saat berkumpul di lapangan, dan di waktu-waktu yang lain juga.


Oke, mungkin segini dulu penjelasan dan pengenalan sekolah saya, yaitu SMPK Santa Maria 2 Malang, terutama keunggulannya. Mohon maaf jika ada salah kata dan kalimat pada postingan kali ini. Sampai jumpa di postingan selanjutnya. Dadadada........


Untuk mengetahui lebih lengkapnya bisa melihat video berikut.


Bonaventura Ajie Pramudita
9A/03




0 comment:

Posting Komentar